Gelar Program SEB di Makassar, Pertamina Gaungkan Penerapan Energi Bersih Ramah Lingkungan

Wecome Egreen International di Portal Ini!

Egreen International, MAKASSAR – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui PT Pertamina (Persero) menyelenggarakan program Pertamina School of Independent Energy (SEB) di SMK SMTI Makassar pada Rabu (23/1). Gelar Program SEB di Makassar, Pertamina Gaungkan Penerapan Energi Bersih Ramah Lingkungan

Dalam kegiatan tersebut, Pertamina melakukan edukasi di bidang energi bersih ekologis dan memberikan bantuan berupa panel surya sebagai bentuk penerapan energi bersih ekologis di sekolah-sekolah.

BACA JUGA: Dukung transisi energi, Pertamina jalankan sekolah energi mandiri pertama di Papua

Plt Manajer CSR PT Pertamina (Persero), Reno Fri Daryanto juga turut serta dalam kampanye Sekolah Energi Mandiri (SEB) Pertamina.

Turut hadir pula Fahrougi Andriani Sumampouw, Area Manager Communication, Relation dan CSR PT Pertamina Patra Niaga wilayah Sulawesi, Wisnu Fajar Baskoro, Regional Director Operasional dan Layanan Korporasi PT Pertamina Patra Niaga wilayah Sulawesi.

BACA JUGA: Pertamina ajak generasi muda peduli lingkungan melalui sekolah energi mandiri di Semarang Seleksi Mandiri Prestasi ITS Diubah, Tidak Ada Uang Sumbangan Hanya UKT

Selain itu, hadir juga Basri Noor, Direktur SMK SMTI Kota Makassar dan berbagai pemangku kepentingan terkait.

Diantaranya adalah Utusan Khusus Presiden Billy Mumbsyar, Kepala Dinas Perusahan Negara Sulsel, ESDM. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Eka Prasetya, Direktur Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri Setyoko Pramono dan Kepala Dinas SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Yusri Ghazali.

BACA JUGA: Pertamina luncurkan sekolah energi mandiri di Palembang. Itulah tujuannya

Fahrougi Andriani Sumampouw, Regional Manager Communications, Railways and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, tujuan program SEB adalah untuk mendukung keterlibatan sekolah dan generasi muda dalam kelestarian lingkungan.

Program ini juga mendorong siswa untuk memberikan dampak terhadap masyarakat sekitar melalui pendidikan dan penggunaan energi terbarukan.

“Program SEB ini merupakan bagian dari upaya Pertamina mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam mewujudkan nilai-nilai Adiwiyata,” kata Fahrougi.

Selain itu, lanjutnya, program tersebut juga sejalan dengan komitmen Pertamina terhadap ESG (Environmental, Social and Governance) dan Sustainable Development Goals (SDG) poin 4 yaitu pendidikan berkualitas tinggi.

Kemudian poin 7 – energi bersih dan terjangkau dan poin 13 – memerangi perubahan iklim.

Lebih lanjut Fahrougi menyatakan, sebagai bentuk dukungan SEB, Pertamina memberikan bantuan pemasangan panel surya di SMK SMTI Kota Makassar.

Kami berharap instalasi sel surya ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik di sekolah dan mengedukasi siswa tentang transisi ke energi terbarukan.

“Kami juga memperkenalkan panel surya 3,3 KWP yang dapat membantu mengurangi emisi CO2 sekitar 3.250 kg per tahun,” ujarnya.

Panel-panel ini juga akan digunakan untuk pembelajaran khususnya bagi mahasiswa mekatronik, untuk listrik hybrid dan penerangan taman di ruang guru dan perpustakaan.

Sebagai bagian dari program SEB ini, juga diadakan sesi berbagi pandangan oleh Billy Mambrasar, anggota Staf Khusus Presiden Bidang Pendidikan dan Inovasi, dan Duta SDG Indonesia.

Kelas tersebut juga diisi dengan Kelas Perwira, yaitu kelas inspiratif yang diisi oleh Regional Officer Sulawesi PT Pertamina Patra Niaga yang membawakan berbagai materi.

Di SMK SMTI Kota Makassar, SEB semakin menarik minat siswa melalui serangkaian kegiatan khususnya Kompetisi Upcycling.

Acara di Pertamina ini mendorong mahasiswa untuk berinovasi dan menciptakan alat dengan semangat menjaga lingkungan melalui kegiatan daur ulang. Gelar Program SEB di Makassar, Pertamina Gaungkan Penerapan Energi Bersih Ramah Lingkungan

Dalam kesempatan tersebut, bersama para mahasiswa, banyak pejabat yang turut berperan aktif dalam penanaman pohon.

“Apa yang kita lakukan bersama hari ini akan dikenang oleh generasi muda, membantu mereka menjaga bumi, peduli terhadap lingkungan dan berperan dalam penurunan emisi gas rumah kaca sejalan dengan tujuan net zero pada tahun 2060,” kata Fahrougi.

Direktur SMK SMTI Makassar Basri Noor mengucapkan terima kasih kepada Pertamina dan pemerintah atas dukungannya terhadap sekolah tersebut.

Dikatakannya, program SEB merupakan salah satu upaya penerapan energi ramah lingkungan yang juga bertujuan untuk ditingkatkan oleh SMK SMTI Kota Makassar pada tahun ini.

Oleh karena itu, mari kita jaga lingkungan sebagai wujud aksi hari ini, jelasnya.

Dikatakannya, kesadaran terhadap penggunaan energi terbarukan harus dimulai dari sekarang dan kami berharap program Adiwiyata yang dilaksanakan di sekolah ini dapat berkembang lebih jauh dan menaikkan derajat Adiwiyata di SMK SMTI Kota Makassar pada tahun ini. (mrk/jpnn)

Tulisan ini dipublikasikan di Edukasi dan tag , , , , , . Tandai permalink.