Kondisi Terkini Pasien Pasca Operasi Transplantasi Ginjal Perdana oleh RSUP Fatmawati

Wecome Egreen International di Website Kami!

Egreen International Lifestyle – Seorang wanita berusia 20 tahun menerima transplantasi ginjal dari ibunya yang berusia 41 tahun. Operasi transplantasi ginjal berhasil dilakukan pertama kali oleh Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmavati pada Senin, 22 Januari 2024. Kondisi Terkini Pasien Pasca Operasi Transplantasi Ginjal Perdana oleh RSUP Fatmawati

Berbagai persiapan dilakukan secara matang beberapa bulan sebelum acara berlangsung. Lanjutkan menelusuri seluruh artikel di bawah ini.

Persiapan ini diawali dengan pembentukan tim transfer organ RS Fatmavati yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat serta tenaga medis dan non medis lainnya dari berbagai disiplin ilmu. Dermatolog Ungkap Baik Buruk Kebiasaan Memencet Jerawat

Sebelum melakukan operasi, ada pelatihan di dalam dan luar negeri yang harus diselesaikan oleh tenaga kesehatan. Pelatihan dalam negeri dilaksanakan di bawah RSUPN Cipto Mangunkusumo selaku Pengurus Tim Transplantasi Ginjal Nasional.

Sedangkan pelatihan di luar negeri melalui hubungan dengan Seoul National University Hospital (SNUH) di Korea Selatan.

Operasi tersebut memakan waktu sekitar 4 jam dengan bantuan tenaga medis profesional. Kondisi pasien membaik dengan urin normal.

Kondisi tertinggi stabil dan di ruang perawatan umum. Penerima baik-baik saja, urin keluar, fungsi ginjalnya dipantau secara ketat. Sejauh ini baik, penerima akan dirawat intensif di ICU, jelas dr. . . Elizabeth Yasmin Wardoyo, Sp.PD(K). FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, pada jumpa pers Senin 22 Januari 2024 di RS Fatmawati Batavia.

Langkah pertama sebelum menjalani operasi transplantasi ginjal adalah memenuhi persyaratan administrasi. Alat administratif seperti dokumen pendukung dapat melakukan prosedur perpindahan.

Selain dokumentasi lengkap, penerima dan pendonor harus melalui beberapa tahap penyaringan, wawancara dan investigasi oleh tim hukum dan pengacara untuk menerima ginjal dari sumber yang tepat.

Dan hal ini dilakukan agar tidak terjadi permasalahan etika dan hukum terkait kepemilikan ginjal.

Penerimanya, yang masih berusia muda, diketahui menderita gagal ginjal sejak Oktober 2003 akibat glomerulonefritis kronis, atau radang ginjal.

Sebelum operasi, penerima juga mendapat vaksin untuk mencegah infeksi pasca transplantasi.

“Dulu, ada pemeriksaan lebih dalam apakah pendonor memiliki kontraindikasi, berat struktur ginjal baru, kompatibilitas jaringan. Setelah semua ini, kami mengadakan rapat dewan penuh dari semua dewan ilmiah. Kami juga menentukan apakah pendonor dan penerimanya layak untuk disumbangkan dan diulurkan,” ujarnya. Yasmin Kondisi Terkini Pasien Pasca Operasi Transplantasi Ginjal Perdana oleh RSUP Fatmawati

Setelah operasi transplantasi ginjal ini, pendonor harus tinggal di rumah sakit selama 3-4 hari lagi dan penerima selama seminggu. Keduanya akan diawasi secara ketat di rumah sakit.

Selain itu, penerimanya harus menjalani tes setiap minggu dan setiap bulannya. Tes ini berlangsung selama 1-2 tahun tergantung kondisi pasien. Ternyata penyakit empedu tidak selalu memerlukan pembedahan, bisa menggunakan ramuan herbal, minum obat dan bila nyeri tidak kunjung reda meski sudah istirahat sebaiknya segera dibius. Sebab, itu bisa menjadi penyakit yang melanda Egreen International 9 Februari 2024 . menciptakan

Tulisan ini dipublikasikan di Lifestyle. Tandai permalink.