Terobosan Lobstech dan Keresahan atas Nasib Nelayan

Wecome Egreen International di Portal Ini!

Egreen International – Lobster merupakan salah satu produk ikan termahal di pasar internasional. Kepiting ini sangat dihargai karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik. Oleh karena itu, budidaya lobster mempunyai potensi besar sebagai usaha yang menguntungkan. Terobosan Lobstech dan Keresahan atas Nasib Nelayan

Salah satu manfaat terbaik dari budidaya lobster adalah nilai ekonomisnya. Lobster merupakan produk mewah yang diminati pasar di seluruh dunia, terutama di negara-negara Barat. Artinya, para peternak ikan bisa memperoleh banyak keuntungan jika usaha ini berhasil dikembangkan.

Lobster dapat tumbuh dengan cepat jika diberi perawatan dan lingkungan yang tepat. Artinya, lahan tebu dapat berproduksi dalam waktu singkat sehingga mempercepat laba atas investasi.

Ada banyak jenis lobster yang bisa dibudidayakan, antara lain lobster air tawar dan lobster air asin. Hal ini memungkinkan petani untuk memilih varietas yang ramah lingkungan. Puluhan Siswa SMP Naik Bukit Demi Isi ANBK Karena Sinyal Internet Tak Ada

Kemajuan teknologi dalam budidaya lobster, seperti sistem akuaponik dan penelitian pemberian pakan lobster, telah memungkinkan para petani untuk meningkatkan efisiensi produksi. Selain itu, permintaan lobster di pasar internasional terus meningkat, terutama di restoran-restoran kelas atas dan pasar makanan laut. Hal ini menciptakan peluang ekspor yang besar bagi negara-negara produsen lobster.

Namun, agar budidaya lobster berhasil, para petani harus mampu mengatasi banyak tantangan dengan terampil. Pengelolaan yang hati-hati, pemantauan kualitas air secara teratur, dan perencanaan pasokan yang baik dapat membantu mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan dari budidaya ini.

Hendra, pria yang terinspirasi dari hilangnya mata pencaharian banyak nelayan yang bertani secara berkelompok di Situbondo, Jawa Timur, memulai perjalanan menakjubkan dalam mengembangkan teknologi budidaya tebu.

Menyadari potensi budidaya lobster di Indonesia yang belum terbendung sepenuhnya dan banyaknya kendala yang dihadapi para petani lobster, Hendra dan tim menciptakan Lobstech.

Setelah dua tahun melakukan penelitian yang melelahkan, Hendra dan rekan-rekannya berhasil membangun kotak sensor berbasis Internet of Things (IoT) untuk memantau kualitas air di peternakan lobster. Kotak ini ditempatkan di dalam kandang lobster dan dihubungkan dengan program Lobstech yang diinstal di komputer Hendra.

Nelayan yang bekerja sama dengan mereka dapat memantau budidaya lobster melalui aplikasi yang tersedia di ponsel pintar mereka.

Dengan teknologi berbasis IoT Lobstech, produksi lobster bisa meningkat hingga 50 persen. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk menanam cendana juga bisa dipangkas setengahnya sehingga hanya membutuhkan waktu 3 bulan untuk panen.

Selain itu, bobot kayu cendana mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan sistem ini, berat badan 100 gram bisa dicapai hanya dalam waktu satu bulan dibandingkan periode sebelumnya yang memakan waktu sekitar 8-10 bulan.

Awalnya hanya sedikit nelayan yang bersedia bekerja sama dengan Hendra, namun ketika melihat manfaat dari program ini dan metode pengukuran yang dibuatnya dapat mempercepat pertumbuhan lobster, ia pun segera bergabung.- Bermain nelayan.

Saat ini, Hendra sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan asal Jerman untuk mengembangkan sensor berkualitas tinggi. Lobstech memiliki visi untuk memperluas teknologinya yang akan digunakan oleh para nelayan dan petani lobster di seluruh Indonesia. Terobosan Lobstech dan Keresahan atas Nasib Nelayan

Kedepannya, teknologi Lobstech akan terus berkembang, dan beradaptasi dengan berbagai perairan laut di seluruh Indonesia. Inovasi seperti ini membuka peluang besar bagi industri budidaya lobster di Indonesia, memberikan solusi yang efisien dan berkelanjutan, sekaligus memberikan harapan baru bagi para nelayan dan petani tanah air.

Atas kiprahnya yang inspiratif seperti Pemberdayaan Nelayan dengan Lobstech melalui Teknologi berbasis IoT, Hendra berhasil meraih SATU Indonesia Awards bersama banyak selebriti inspiratif lainnya pada tahun 2021.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Untuk Membantu Edukasi Pemilih, Bagian Ini Menyimpulkan Catatan Caleg pada Pemilu 2024. Penting bagi pemilih untuk mendapatkan informasi detail mengenai rekam jejak Caleg dan pendapatnya. , misi, tugas, partisipasi, kewajiban dan rencana sebelum pemungutan suara Egreen International 5 Februari 2024

Tulisan ini dipublikasikan di Edukasi. Tandai permalink.